Kamis, 12 September 2013

Sejarah Perkembangan Komputer




SEJARAH PERKEMBANGAN SEJARAH



Sebelum tahun 1940
 
 Pascaline
Blaise pascal menemukan pascaline pada tahun 1642 . itu kalkulator mekanik pertama di dunia dan juga di kenal sebagai kalkulator pascal atau sebagai mesin arithmatika . pascal telah mencoba 50 prototipe yang berbeda sebelum akhirnya datang dengan pascaline.



      Sempoa 
      (abaci jamak atau abacuses), juga disebut kerangka menghitung, adalah alat menghitung digunakan terutama di bagian Asia untuk melakukan proses aritmatika. Hari ini, abaci sering dibangun sebagai bingkai bambu dengan manik-manik geser pada kabel, tapi awalnya mereka kacang atau batu bergerak dalam alur di pasir atau tablet dari kayu, batu, atau logam. Sempoa telah digunakan berabad-abad sebelum pengadopsian tertulis sistem angka modern dan masih banyak digunakan oleh pedagang, pedagang dan pegawai di Asia, Afrika, dan di tempat lain. Pengguna sempoa disebut abacist.






      transistor  
      adalah perangkat semikonduktor yang digunakan untuk memperkuat dan beralih sinyal elektronik dan listrik. Hal ini terdiri dari bahan semikonduktor dengan setidaknya tiga terminal untuk koneksi ke sirkuit eksternal. Sebuah tegangan atau arus diterapkan pada sepasang terminal transistor perubahan arus melalui sepasang terminal. Karena dikendalikan (output) daya dapat lebih tinggi dari pengendali (input) kekuasaan, transistor dapat memperkuat sinyal. Hari ini, beberapa transistor dikemas secara individual, tetapi lebih banyak lagi yang ditemukan tertanam dalam sirkuit terpadu.

Transistor adalah blok bangunan dasar perangkat elektronik modern, dan di mana-mana dalam sistem elektronik modern. Setelah pembangunan di awal 1950-an, transistor merevolusi bidang elektronik, dan membuka jalan bagi radio yang lebih kecil dan lebih murah, kalkulator, dan komputer, antara lain.

 



 



Komputer generasi kedua ( 1959   1964 )
Prinsip kerja :
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.


Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language ( COBOL ) dan Formula Translator ( FORTRAN ) mulai umum digunakan.







.  Komputer generasi ketiga ( 1964   awal 80an )
         Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system

. Komputer generasi keempat ( awal 80an - ??? ))
Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: “mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik”
 

Komputer generasi KELIMA ( MASA DEPAN )
sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.



IC
 Sebuah sirkuit terpadu atau sirkuit terpadu monolitik (juga disebut sebagai IC, chip, atau microchip) adalah seperangkat sirkuit elektronik pada satu piring kecil ("Chip") bahan semikonduktor, biasanya silikon. Ini dapat dibuat jauh lebih kecil dari rangkaian diskrit yang terbuat dari komponen independen.

Sirkuit terpadu yang digunakan dalam hampir semua peralatan elektronik saat ini dan telah merevolusi dunia elektronik. Komputer, ponsel, dan peralatan rumah digital lainnya sekarang bagian inextricable struktur masyarakat modern, dimungkinkan oleh rendahnya biaya produksi sirkuit terpadu.

IC dapat dibuat sangat kompak, memiliki hingga beberapa miliar transistor dan komponen elektronik lainnya di daerah ukuran kuku. Lebar setiap baris melakukan di sirkuit (garis lebar) bisa dibuat lebih kecil dan lebih kecil karena kemajuan teknologi, pada tahun 2008 turun di bawah 100 nanometer dan pada 2013 diharapkan berada di puluhan nanometer.



 

 CHIP
Transisi adalah untuk chip hampir selesai - itu adalah generasi baru teknologi kartu pembayaran yang membuat sistem pembayaran yang aman bahkan lebih aman.
Chip kartu debit diaktifkan mengandung microchip tertanam yang menempatkan kekuatan komputer ke kartu Anda. Teknologi kartu chip didasarkan pada standar global yang dikenal sebagai EMV, teknologi yang terbukti digunakan secara luas di seluruh dunia.
 





 pemr


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar